Sabtu, 05 November 2011

Fotokopi yang Ramah Lingkungan



Tahukah kamu, sekecil apapun tindakan kita, bisa mempengaruhi masa depan bumi kita. Saat ini global warming sedang mengancam bumi, apa yang dapat kita lakukan untuk menyelamatkan bumi? Tidak perlu kita menyerukan, menyuruh orang-orang untuk membuat gerakan menanam pohon, mulailah dari diri sendiri. Sekecil apapun tindakan kita, dapat menyelamatkan bumi dari global warming. mulailah dari yang sederhana, misalnya dengan fotokopi yang ramah lingkungan.

Bagaimana sih cara fotokopi yang ramah lingkungan itu? Misalnya dengan menggunakan kertas daur ulang, hal itu tentunya sangat bermanfaat bagi bumi, karena dapat menyelamatkan dan melestarikan lebih banyak pepohonan. Lalu apabila kita mau fotokopi dengan jumlah halaman yang banyak, lebih baik kita fotokopi dengan cara bolak-balik, karena lebih menghemat kertas dan uang juga tentunya. Selain itu juga, fotokopi harusnya tidak ada bahan yang mengandung karbon, karena merupakan polusi dan tidak baik bagi kesehatan. 

Saat ini juga sudah mulai muncul mesin fotokopi yang ramah lingkungan, para pengusaha di bidang fotokopi seharusnya sudah mulai menggunakan mesin fotokopi yang ramah lingkungan ini. Dimana mesin fotokopi yang ramah lingkungan ini dapat menghapus tulisan yang ada di kertas dan dapat digunakan kembali nantinya, tentu saja kita dapat menghemat kertas dan sangat ramah lingkungan. Mesin fotokopi ini menggunakan tinta (toner) khusus, dimana bila terkena panas, cetakan di kertas akan hilang tanpa bekas. Kertas itu dapat kita gunakan hingga 5x, bayangkan sangat hemat bukan? Selain itu juga mesin fotokopi yang ramah lingkungan ini sangat hemat energi. Walaupun harganya sedikit lebih mahal dari mesin fotokopi biasa, namun apabila Anda peduli lingkungan, tentunya hal itu tidak menjadi masalah, karena manfaat dan kegunaannya juga sangat menguntungkan.


sumber : http://www.otakku.com/2010/12/21/mesin-fotocopy-toshiba-yang-ramah-lingkungan/

2 komentar:

Sofiati Hasna mengatakan...

ada juga kertas seperti itu?

sandracelly mengatakan...

kepada ibu sofia, mungkin maksud dari pertanyaan ibu, "kertas seperti itu" yang bisa dihapus tintanya? perlu diketahui, pada mesin fotokopi yang ramah lingkungan ini, menggunakan kertas HVS biasa, yang berbeda ini adalah tinta atau tonernya, dimana apabila terkena panas pada suhu tertentu (menggunakan sinar panas dari mesin fotokopi tersebut) tulisan yang terdapat di kertas tersebut dapat hilang sehingga kertas tersebut bersih kembali tidak berbekas dan dapat digunakan kembali untuk fotokopi selanjutnya. Semoga ibu mengerti penjelasan dari saya, terima kasih.