Sabtu, 05 November 2011

Ayo Budayakan Membaca Sejak Dini!



Pasti kita sering mendengar slogan “Buku adalah Jendela Dunia”. Memang benar dengan membaca kita dapat menjelajahi dunia. Dengan membaca kita dapat memperoleh pengetahuan, dan dapat menambah wawasan kita. Semakin banyak buku yang di baca semakin banyak kosa kata serta wawasan yang diproduksi. Sama halnya meminum air, semakin banyak air yang diminum semakin banyak pula air yang dikeluarkan. Begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari membaca, namun masih banyak yang belum sadar akan manfaat dari membaca.
Maju mundurnya suatu peradaban ditentukan oleh tradisi membaca dan menulis masyarakat. Semakin tinggi budaya baca-tulis masyarakat, semakin maju pula peradabannya. Budaya gemar membaca di Indonesia masih tergolong sangat rendah bila dibandingkan dengan negara-negara lainnya di Asia. Apakah ini salah pemerintah atau masyarakat yang belum ada minat untuk membaca. Buku yang terbilang mahal membuat masyarakat enggan untuk membeli.
Tapi zaman sekarang ini alasan untuk tidak membaca tidak bisa dijadikan alasan lagi, kenapa? Ya karena zaman sekarang ada banyak media yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan bahan bacaan. Contohnya internet. Dengan internet kita bisa mendapatkan banyak info yang dibutuhkan dengan cepat, mudah, dan murah.
Siapa banyak membaca dan menulis mereka menguasai informasi, sedangkan mereka yang menguasai informasi maka mereka menguasai dunia. Mari kita budayakan membaca. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua.

Tidak ada komentar: