Jumat, 12 November 2010

PRODUK PERBANKAN DI INDONESIA


Bank Negara Indonesia (BNI)    
BNI TAPMA (TAPLUS MAHASISWA)
Pengertian
BNI Taplus Mahasiswa adalah tabungan yang diberikan kepada para mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri / Swasta (PTN/PTS) yang bekerjasama dengan BNI yang berfungsi untuk menampung keperluan pembayaran SPP atau lainnya. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dapat berfungsi sebagai ATM dan kartu identitas mahasiswa. Nasabahnya adalah mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negeri / Swasta yang telah menjalin kerjasama dengan BNI.

Persyaratan yang harus dipenuhi bagi kepemilikan BNI TAPMA sebagai berikut :
·         Tabungan Mahasiswa diberikan kepada mahasiswa PTN/PTS yang mengadakan kerjasama dengan BNI yang telah didudukkan dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) antara BNI dengan PTN/PTS tersebut.
·      Mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang telah menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS) antara pihak Perguruan Tinggi dan cabang BNI yang bersangkutan.
·     Melakukan setoran pertama untuk pembukaan rekening yang besarnya sesuai dengan Perjanjian Kerjasama (PKS). Setoran selanjutnya minimal Rp. 5000,-
·     Harus memelihara saldo minimum yang besarnya sama dengan yang ditetapkan dalam Perjanjian Kerjasama (PKS).




Persyaratan Perguruan Tinggi yang dapat melakukan kerjasama kepemilikan BNI TAPMA adalah sebagai berikut :
·         Minimal memiliki 1500 mahasiswa.
·         Memiliki rekening di BNI setempat dengan total saldo rata-rata 3 bulan terakhir minimal Rp. 1 Milyar atau merupakan nasabah inti BNI setempat.

Manfaat
·     Sebagai kartu identitas yang dapat digunakan untuk keperluan berbagai aktivitas sehari-hari di lingkungan Universitas seperti : Absensi, Akses Door, dll.
·         Meningkatkan “rasa memiliki / kebanggaan” terhadap institusi dengan memiliki Kartu Identitas yang prestise.
·        Meningkatkan image, karena Kartu dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan dan dapat bertransaksi di ribuan jaringan ATM BNI, ATM Bersama, dan Link serta fasilitas BNI Internet Banking, BNI Phone Banking, dan BNI SMS Banking.


Sumber : www.bni.co.id


Review :

Menurut pendapat saya, salah satu produk BNI yaitu BNI TAPMA cukup bagus. Ini sangat menguntungkan bagi pihak Perguruan Tinggi dan Mahasiswanya. Dengan menggunakan BNI TAPMA mahasiswa dapat membayar uang kuliahnya melalui transfer tanpa perlu repot-repot antre di loket pembayaran uang kuliah. Selain itu juga sangat praktis, hanya dengan 1 kartu mahasiswa dapat menggunakannya sebagai KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) dan juga sebagai ATM. Besarnya setoran untuk menabung juga rendah, sehingga mempermudah mahasiswa, hanya dengan uang minimal Rp. 5000 mahasiswa sudah dapat menyimpan uangnya di bank. Hal ini dilakukan untuk mendorong para mahasiswa agar gemar menabung untuk kebutuhan masa depannya. Selain itu bila dibandingkan dengan BNI Taplus biasa, BNI TAPMA lebih menguntunhkan bagi mahasiswa. Karena BNI TAPMA biaya potongan administrasi per bulannya jauh lebih rendah dibandingkan dengan BNI TAPLUS biasa. Apabila BNI Taplus menetapkan biaya pengelolaan rekening sebesar Rp. 9000 per bulan, sedangkan BNI TAPMA hanya menetapkan biaya pengelolaan rekening sebesar Rp. 250 per bulan. Saldo minimal BNI TAPMA juga jauh lebih rendah dibandingkan dengan BNI TAPLUS. BNI TAPLUS menetapkan saldo minimal sebesar Rp. 150.000 sedangkan BNI TAPMA hanya menetapkan saldo minimal sebesar Rp. 20.000. Namun terkadang penetapan biaya pengelolaan rekening dan saldo minimum dalam BNI TAPMA dapat berbeda antara satu Perguruan Tinggi dengan Perguruan Tinggi yang lain. Hal ini tergantung juga dengan Perjanjian Kerjasama yang ditetapkan pihak Bank dengan pihak Perguruan Tinggi.

2 komentar:

naryono mengatakan...

tanks
atas infonya, sy baru buka BNI TAPMA
masih awam nihh

pulzzahut media mengatakan...

jos gandos gan . aku jg mau buka reken. bni