Minggu, 03 Oktober 2010

LUBANG RESAPAN BIOPORI


Apa itu biopori?
Lubang resapan biopori adalah lubang silindris yang dibuat secara vertical ke dalam tanah. Diameternya sekitar 10cm dan dalamnya kira-kira 1 meter. Lubang ini nantinya akan diisi dengan sampah organik untuk memicu bentuknya biopori.
Biopori sendiri adalahpori-pori berbentuk lubang yang dibuat oleh aktivitas fauna tanah atau akar tanaman. Lubang resapan biopori ini berguna untuk mengatasi banjir karena bisa meningkatkan daya resapan air, mengubah sampah organik dalam lubang menjadi kompos, mengurangi emisi gas rumah kaca, memanfaatkan peran aktivitas fauna tanah atau akar tanaman, serta mencegah penyakit yang ditimbulkan genangan air seperti DBD atau Malaria.
Teknologi serapan biopori ini diperkenalkan oleh Bapak Ir. Kamir R. Brata, Msc, dosen Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. Banyaknya manfaat lubang serapan biopori ini membuat warga Bogor tersadar dan segera membuatnya di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Bahkan, tepat di hari jadi kota Bogor ke 525, sekaligus memperingati Hari Bumi 2007, Pemerintah Kota Bogor serentak bikin 5250 lubang resapan biopori di 21 kelurahan yang tersebar di 6 kecamatan kota Bogor! Wow! Penasaran gimana cara bikin lubang resapan biopori yang sangat bermanfaat ini? Yuk, kita bikin sendiri di halaman rumah!

Step by Step
Kamu bisa bikin biopori di : dasar saluran air, sekeliling batang pohon, atau di batas taman. Caranya :
  1. Buat alur untuk membuat beberapa lubang biopori yang akan berjarak 1 – 2 meter. Lalu airi tanah supaya gampang dilubangi
  2. Buat lubang silindris secara vertical le dalam tanah dengan diameter 10cm dan kedalaman 1 meter, dengan menggunakan bor biopori
  3. Tanah harus selalu basah supaya bor mudah dipakai
  4. Masukkan sampah organik ke dalamnya. Tambah terus sampah organik saat isi lubang mulai berkurang (terurai)

Menurut penelitian Tim Biopori IPB, satu rumah bisa menghasilkan 2 liter sampah tiap hari, sedangkan satu lubang biopori bisa memuat sampah sekitar 8 liter! Jadi butuh 3 – 4 hari supaya lubang resapan biopori penuh. Sampah yang terurai dalam lubang akan menjadi kompos yang bisa digunakan sebagai pupuk alami lho!

Tidak ada komentar: