Rabu, 20 Oktober 2010

BAHAYA PEROKOK PASIF


Semua orang di dunia ini pasti tau dampak negative rokok, bahkan si perokok itu sendiri. Tapi apakah mereka juga tahu bahwa rokok juga bisa membahayakan orang yang bukan perokok? Hmm, kok bisa ya?
Perokok pasif yang disebut secondhand smoke (SHS) or environmental tobacco smoke (ETS) adalah orang-orang yang terpaksa harus menghirup asap rokok yang dihembuskan oleh perokok aktif. Walau nggak langsung menghisap rokok, resiko terganggunya kesehatan perokok pasif sebenarnya nggak jauh berbeda dengan perokok aktif. Keduanya sama-sama menghirup asap yang dihasilkan dari pembakaran rokok. Tapi perokok pasif terbilang lebih dirugikan karena sebenarnya dia mendapat dampak negatif dari sesuatu yang nggak dilakukannya. Hmm, nggak enak kan kalau kita harus ikut menanggung “hukuman” akibat dari “dosa” yang dilakukan orang lain? Derita perokok pasif bertambah karena mereka juga ikut menghirup asap rokok yang kemungkinan udah bercampur dengan pencemaran lingkungan lainnya seperti asap kendaraan bermotor, polusi udara, dsb. Padahal seperti yang kita semua tahu, tanpa campuran itupun, aap rokok udah sangat berbahaya karena di dalam rokok terdapat :
·         TAR atau Total Aerosol Residue, semacam zat sisa pembakaran tembakau yang sifatnya menempel pada paru-paru
·         Karbon Monoksida atau CO, gas beracun yang mengakibatkan berkurangnya kemampuan darah membawa oksigen
·         Nikotin, salah satu jenis obat perangsang yang merusak fungsi jantung dan membuat pemakainya kecanduan
·         Hydrogen Cyanide, gas yang paling sering dipakai untuk mengeksekusi terpidana hukuman mati
·         Ammonia, zat kimia yang terkandung di cairan pembersih lantai
·         Methanol, bahan bakar roket
·         Butane, bahan bakar pembuat korek api
Sekitar 4000 bahan kimia yang terkandung dalam rokok adalah zat karsinogen atau bisa menimbulkan kanker. Dan dari sebatang rokok, asap yang terhirup oleh perokok aktif ternyata cuma sekitar 15% saja. Sisanya terbuang ke lingkungan dan dihirup perokok pasif.


SAVE YOUR SELF
Jadi perokok pasif emang sulit dihindari kalau kita sering berada di lingkungan para perokok. Tapi ada beberapa tips agar dampak negatif dari perokok pasif bisa lebih kecil :
·         Jaga jarak kamu dengan si perokok aktif at least 180cm untuk menghindari kepulan asap rokok secara langsung
·         Asap rokok mengandung zat yang dapat menurunkan daya tahan tubuh, so coba deh untuk menambah asupan vitamin C untuk menjaga kondisi tubuh
·         Pilih tempat-tempat umum dengan ruangan non smoking supaya kita tetap terlindung dari asap rokok

Tidak ada komentar: