Kamis, 18 April 2013

Tinggalkan Rokok Sekarang Juga!


Bahaya merokok sebenarnya memang sudah dicantumkan di pembungkus rokok. Peringatan tersebut berbunyi "Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, gangguan kehamilan dan janin". Akan tetapi walaupun peringatan tersebut sudah dicantumkan di pembungkus rokok, masih banyak masyarakat Indonesia yang merokok aktif. Bukan hanya Indonesia saja, tetapi bahkan masyarakat dunia juga masih banyak yang merokok aktif. Mereka bukannya tidak menyadari bahaya-bahaya merokok tersebut, tentu saja mereka menyadarinya. Mereka menyadari bahaya merokok namun tidak mempedulikannya karena mereka sudah ketergantungan atau tidak mau berhenti menghisap rokok tersebut.
Nah, sebelum kita bicara tentang bahaya rokok, mari kita lihat zat berbahaya yang terdapat di dalam setiap batang rokok yang akan mengganggu kesehatan dalam setiap isapan rokok.

  

A. Zat berbahaya dalam rokok

1. Nikotin
Zat ini mengandung candu yang dapat menyebabkan seseorang ketagihan untuk terus menghisap rokok.
Pengaruh bagi tubuh manusia :
  • menyebabkan kecanduan / ketergantungan
  • merusak jaringan otak
  • menyebabkan darah cepat membeku
  • mengeraskan dinding arteri

2. Tar
Bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker.
Pengaruh bagi tubuh manusia :

  • membunuh sel dalam saluran darah
  • Meningkatkan produksi lendir diparu-paru
  • Menyebabkan kanker paru-paru

3. Karbon Monoksida
Gas ini dapat menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh.
Pengaruh bagi tubuh manusia :

  • mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen
  • menghalangi transportasi dalam darah

4. Zat Karsinogen
Pengaruh bagi tubuh manusia :

  • Memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh

5. Zat Iritan
Pengaruh bagi tubuh manusia :
  • Mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru
  • Menyebabkan batuk

Zat-zat asing berbahaya tersebut adalah zat yang terkandung dalam dalam ASAP ROKOK, dan ada 4000 zat kimia yang terdapat dalam sebatang ROKOK, 40 diantaranya tergolong zat yang berbahaya misalnya : hidrogen sianida (HCN) , arsen, amonia, polonium, dan karbon monoksida (CO).


B. Bahaya merokok bagi kesehatan


1. Kanker
Merokok dapat menyebabkan kanker paru bagi pria dan wanita. Resiko kematian kanker paru 23 kali lebih tinggi pada pria perokok dan 13 kali lebih tinggi pada wanita perokok dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak merokok yang tinggal dengan perokok memiliki resiko 24% lebih tinggi untuk mengidap kanker paru. Selain itu orang yang merokok juga dapat menyebabkan anda mengidap kanker kantung kencing, rongga mulut, pita suara, serviks, ginjal, pankreas, dan perut.

2. Penyakit jantung
Rokok menimbulkan aterosklerosis atau terjadi pengerasan pada pembuluh darah. Kondisi ini merupakan penumpukan zat lemak di arteri, lemak dan plak memblok aliran darah dan membuat penyempitan pembuluh darah. Hal ini menyebabkan penyakit jantung. Jantung harus bekerja lebih keras dan tekanan ekstra dapat menyebabkan angina atau nyeri dada. Jika satu arteri atau lebih menjadi benar-benar terblokir, serangan jantung bisa terjadi. Semakin banyak rokok yang dihisap dan semakin lama seseorang merokok, semakin besar kesempatannya mengembangkan penyakit jantung atau menderita serangan jantung atau stroke.

3. Diabetes
Merokok meningkatkan resiko terjadinya diabetes, menurut Cleveland Clinic. Rokok juga bisa naik menyebabkan komplikasi dari diabetes, seperti penyakit mata, penyakit jantung, stroke, penyakit pembuluh darah, penyakit ginjal dan masalah kaki.

4. Menimbulkan Kebutaan
Seorang yang merokok menimbulkan meningkatnya resiko degenerasi makula yaitu penyebab kebutaan yang dialami orang tua. Dalam setudi yg diterbitkan dalam 'Archives of Ophthalmology' pada tahun 2007 menemukan yaitu orang merokok empat kali lebih mungkin dibanding orang yang bukan perokok untuk mengembangkan degenerasi makula, yg merusak makula, pusat retina, dan menghancurkan penglihatan sentral tajam.

5. Impotensi
Rokok merupakan faktor resiko utama untuk penyakit pembuluh darah perifer, yang mempersempit pembuluh darah yang membawa darah ke seluruh bagian tubuh. Pembuluh darah ke penis kemungkinan juga akan terpengaruh karena merupakan pembuluh darah yg kecil & dapat mengakibatkan disfungsi ereksi/impoten.

6. Penyakit mulut
Penyakit mulut yang dapat disebabkan oleh rokok antara lain kanker mulut, kanker leher, penyakit gigi, penyakit pada gigi dan nafas.

7. Gangguan Janin
Merokok berakibat buruk terhadap kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan dan kehamilan, termasuk infertilitas (kemandulan), keguguran, kematian janin, bayi lahir berberat badan rendah, dan sindrom kematian mendadak bayi.

8. Gangguan Pernafasan
Merokok meningkatkan risiko kematian karena penyakit paru kronis hingga sepuluh kali lipat. Sekitar 90% kematian karena penyakit paru kronis disebabkan oleh merokok.

9. Kerontokan Rambut
Perokok berat berisiko mengalami kerontokan rambut dan berujung pada kebotakan prematur. Kasus ini kebanyakan dialami oleh pria yang terbiasa merokok dalam waktu lama.

10. Merusak Indra Pengecap
Perokok berat dapat kehilangan rasa dalam mengecap makanan. Biasanya para perokok cenderung suka makanan pedas tanpa mengeluh tentang rasanya. Hal ini disebabkan karena indra mereka sudah mati.

11. Dehidrasi
Merokok juga dapat mempengaruhi keseimbangan air dalam tubuh. Perokok berat akan lebih sering merasa haus daripada orang yang tidak merokok. Dampak jangka panjang dehidrasi itu sendiri adalah bibir kering, kulit kering, dan gangguan saluran kencing.

Sebagai generasi muda bangsa yang dituntut lebih aktif dan berperan dalam negara, sebaiknya kita bisa memahami dan ikut mengkampanyekan 'no smoking' bukan hanya dihari kampanye 31 Mei, akan tetapi setiap hari dan setiap saat. Mirisnya, saat ini Rokok sudah banyak dikonsumsi oleh anak-anak dibawah umur dan sudah menjadi sebuah 'keharusan' dalam artian mereka sudah kecanduan terhadap rokok tersebut. Untuk itu apabila anda seorang perokok aktif, mulailah untuk berhenti merokok demi kesehatan tubuh anda dan orang-orang di sekitar anda.


sumber tulisan : 
http://kemonbaca.blogspot.com/2012/08/bahaya-merokok-akibat-dan-bahaya-rokok.html
http://ciricara.com/2013/01/25/10-bahaya-merokok-yang-wajib-anda-ketahui/ 

sumber gambar : 
http://frackasyster.blogspot.com/2013/01/45-poster-bahaya-merokok-yang-kreatif.html
Mereka menyadarinya tapi tidak begitu mempedulikannya karena memang sudah ketergantungan atau tidak mau berhenti mengisapnya.

Read more at: http://ciricara.com/2013/01/25/10-bahaya-merokok-yang-wajib-anda-ketahui/
Copyright © CiriCara.com
Peringatan tersebut berbunyi, “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan”.

Read more at: http://ciricara.com/2013/01/25/10-bahaya-merokok-yang-wajib-anda-ketahui/
Copyright © CiriCara.com
Peringatan tersebut berbunyi, “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan”.

Read more at: http://ciricara.com/2013/01/25/10-bahaya-merokok-yang-wajib-anda-ketahui/
Copyright © CiriCara.com
Peringatan tersebut berbunyi, “Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan”

Read more at: http://ciricara.com/2013/01/25/10-bahaya-merokok-yang-wajib-anda-ketahui/
Copyright © CiriCara.com

Tidak ada komentar: