Senin, 31 Oktober 2011

KETIKA BERWIRAUSAHA MENJADI PILIHANKU


Hallo hallo semuaaa, saya mau posting sesuatu yang berhubungan dengan wirausaha nih. Sebenarnya sih ini tugas tulisan softskill saya, yaa sekalian share ilmu dan pengalaman saya aja boleh kan? Kemarin Saya disuruh menulis tentang “Ketika Berwirausaha Menjadi Pilihanku” nah pas banget nih saya juga seorang wirausaha, kecil-kecilan siihh. Hehehe

Ok perkenalan dulu deh, nama saya Sandra, saya seorang mahasiswa dan juga wirausaha kecil-kecilan. Kenapa saya memilih berwirausaha? Awalnya saya dan seorang teman saya yang bernama Yudit ingin mempunyai suatu usaha yang dapat menambah uang saku kami. Lalu saya memberikan ide untuk jualan coklat praline.. Tau kan coklat praline? Itu loh coklat batangan yang dilelehin terus dicetak dan dikasih isi di dalamnya. Akhirnya kami berdua sepakat, namun karena kami tidak mempunyai pengetahuan tentang cara membuat coklat praline, kami pun iseng-iseng mencari resepnya di google, serta belajar membuat sendiri. Awalnya sempat gagal, namun lama kelamaan kami semakin pintar membuatnya. Coklat itu kami jual ke teman-teman sekelas, dan respon teman-teman kami ternyata cukup heboh, coklatnya laku. Oh iya coklat yang kami buat itu ada yang berisi selai strawberry, blueberry, raspberry, kacang, koko crunch, oreo, sama biskuit.
ini coklat praline nya

ini jadinya yang setoples

Selain itu kami juga membuat coklat eggdrop (choco ball), dibuat dari biskuit eggdrop yang dilumuri coklat dan diberi gula warna-warni diatasnya. Hasilnya lumayan loh buat nambah uang saku kami.

coklat eggdrop


Selain coklat, kami juga jual snack-snack, seperti snack krius, keripik Maicih, dan keripik pisang Mr. Monkey.

snack krius
snack krius

Keripik Maicih

Seblak Maicih

Keripik Pisang Mr. Monkey

Kami tidak malu bawa-bawa dagangan ke kampus, malah kami senang bisa menjadi manfaat untuk orang lain, bisa membuat mereka senang. Sebenarnya tujuan utama kami berdagang ini bukan hanya mencari untung, karena bisa dibilang kami hanya mengambil untung sedikit, harganya sangat sesuai sama kantong mahasiswa, yang penting dagangan kami laku dan sama-sama senang. Awalnya kami hanya iseng-iseng saja berdagang, selain itu juga untuk mengasah bakat dan jiwa wirausaha kami, juga belajar memahami dan mengatur keuangan kami. Alhamdulillah berkat kerja keras dan usaha kami berdua, kini bisnis kami masih berjalan sampai sekarang, kepingin sih rasanya mengembangkan bisnis kami ke luar dunia kampus, seperti membuka toko khusus coklat-coklat dan makanan buatan kami, hanya saja sekarang mungkin belum bisa karena kami masih sama-sama sibuk kuliah, karena bagi kami kuliah tetap nomor 1. Boleh saja mencari uang sebanyak-banyaknya namun kuliah harus tetap diutamakan. Dengan berwirausaha kita menjadi lebih mandiri karena mengatur semuanya sendiri, kita juga tidak menjadi ketergantungan orang lain. Nah kami sudah mulai berwirausaha, bagaimana dengan kamu?

1 komentar:

Selimut mengatakan...

keputusan yg tepat, sy rasa lebih hebat org yg bisa mempekerjakan diri sendiri drpd kerja sama org lain..