Rabu, 27 April 2011

LET'S GO GREEN!



Hallo hallo semua, uda lama nih saya gak posting blog..pasti pada kangen yaa? Hahaha narsis dikit boleh lah yaa.. maap yaa kalo akhir-akhir ini saya jarang ngepost, lagi super sibuk soalnya sama tugas-tugas kuliah yang bejibun..hehehe

Oke sekarang saya mau ngomongin tentang ulet bulu nih. Kenapa? Karena sekarang-sekarang ini Indonesia lagi diserang wabah ulet bulu. Sebenarnya fenomena ulet bulu ini pasti ada sebabnya, karena setiap akibat pasti ada sebab. Menurut saya ulet bulu itu muncul dengan brutal karena sistem rantai makanan di lingkungan kita sudah rusak. Tanpa sadar sebenernya kita sendiri umat manusia yang telah merusak lingkungan dan mengacaukan sistem rantai makanan di lingkungan.

Hmm bingung ya?

Gini deh saya jelasin, seperti yang kita ketahui banyak burung-burung  yang udah ditangkap-tangkapin baik untuk dipelihara maupun dimasak. Padahal burung itu sebenarnya salah satu predator yang makan ulat bulu tersebut. Kalau burung-burung aja banyak yang ditangkap-tangkapin jelas ulat bulu kehilangan predatornya dan berkembangbiak dengan brutal. Selain itu juga pohon-pohon disekeliling kita banyak yang ditebang-tebangin, tanpa sadar predator ulat bulu seperti burung dan tokek jadi kehilangan tempat tinggalnya dan gak bisa bertahan hidup dari cuaca buruk. Perubahan iklim dan temperatur lingkungan juga mempengaruhi populasi ulat bulu tersebut. Semakin meningkat temperatur lingkungan dapat mempercepat siklus hidup ulat tersebut. Seperti yang kita ketahui, saat ini bumi kita sedang mengalami Global Warming. Perubahan iklim itu juga terjadi karena ulah manusia itu sendiri. Penebangan hutan secara liar, polusi pabrik dan industri, asap kendaraan yang terlalu berlebihan di jalanan, dan gas rumah kaca itu merupakan faktor utama penyebab global warming.

Jadi bisa disimpulkan kalau fenomena ulat bulu ini terjadi karena ulah manusia sendiri. Mungkin saat ini alam sedang marah dengan manusia karena selalu dirusak dan tidak dijaga dengan baik. Alam akan berahabat dengan kita kalau kita juga mau bekerjasama dengan alam untuk menjaga keseimbangan ekosistem. Kita mulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekat dulu, gak perlu maksain orang lain buat ikutan jaga lingkungan. Kalo liat ada sampah di jalan ya ayo singkirkan. Kalo pergi ke tempat-tempat yang jaraknya ga terlalu jauh, ga perlu lah bawa-bawa kendaraan bermotor, cukup jalan kaki atau bersepeda aja. Kita juga ga perlu lah gengsi buat naik kendaraan umum kalo berpergian, bagus kan buat mengurangi polusi.

Mari kita renungkan kawan, jagalah lingkungan kita, singkirkan ego dan gengsi demi masa depan yang lebih baik. Demi hijaunya bumi kita ini.. 

Tidak ada komentar: